Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih belum berkembangnya kemampuan
membaca anak di RA Pesantren Modern Daar Al-Ulum Kecamatan Kisaran Barat
Kabupaten Asahan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana
meningkatkan kemampuan membaca anak melalui model pembelajaran word square
di RA Pesantren Modern Daar Al-Ulum Kecamatan Kisaran Barat Kabupaten Asahan. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan membaca anak melalui model
pembelajaran word square. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
yang terdiri atas perencaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri
dari tiga siklus yang setiap siklusnya terdiri atas perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui model
pembelajaran word square dapat meningkatkan kemampuan membaca anak.
Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata dalam bentuk
persen dari tahap pra siklus dan setelah dilakukan tindakan kelas. Berdasarkan
ketentuan minimal anak adalah BSH maka dapat dirata-ratakan peningkatan
kemampuan membaca anak di RA Pesantren Modern Daar Al-Ulum Kecamatan
Kisaran Barat Kabupaten Asahan yaitu pada pra siklus 24,4%, selanjutnya siklus 1
rata-ratanya 53,3%, siklus 2 rata-ratanya 73,3% dan pada siklus 3 rata-rata yang
diperoleh anak adalah 84,4%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan
bahwa melalui model pembelajaran word square dapat meningkatkan kemampuan
membaca anak di RA Pesantren Modern Daar Al-Ulum Kecamatan Kisaran Barat
Kabupaten Asahan.