Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction terhadap Kemampuan Menulis Pantun oleh Siswa Kelas VII SMP Yayasan Pendidikan Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Tahun Pembelajaran 2017-2018.

Show simple item record

dc.contributor.author Harahap, Endang Syakinah
dc.date.accessioned 2020-11-19T03:07:19Z
dc.date.available 2020-11-19T03:07:19Z
dc.date.issued 2017-10
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13622
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction terhadap Kemampuan Menulis Pantun oleh Siswa Kelas VII SMP Yayasan Pendidikan Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Tahun Pembelajaran 2017- 2018”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Yayasan Pendidikan Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Tahun Pembelajaran 2017-2018 yang berjumlah 112 siswa yang terdiri dari tiga kelas dan penelitian ini hanya ,menggunakan satu kelas sebagai kelas sampel yang terdiri dari 38 siswa dengan perlakuan yang berbeda yaitu sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran direct instruction. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Tes untuk memperoleh data kemampuan menulis pantun adalah tes tertulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis pantun oleh siswa kelas VII SMP Yayasan Pendidikan Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak sebelum menggunakn model pembelajaran direct instruction adalah 69,83. Nilai rata-rata kemampuan menulis pantun oleh siswa kelas VII SMP Yayasan Pendidikan Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak sesudah menggunakan model pembelajaran direct instruction adalah 83,93. Karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel t yaitu 5,62>2,02. Maka Hipotesis dari penelitian ini ada pengaruh model pembelajran direct instruction terhadap kemampuan menulis pantun oleh siswa kelas VII SMP Yayasan Pendidikan Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Tahun Pembelajaran 2017-2018. en_US
dc.subject Pengaruh Model Pembelajaran en_US
dc.subject Direct Instruction terhadap Kemampuan Menulis Pantun en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction terhadap Kemampuan Menulis Pantun oleh Siswa Kelas VII SMP Yayasan Pendidikan Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Tahun Pembelajaran 2017-2018. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account