Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Model Pembelajaran
Direct Instruction terhadap Kemampuan Menulis Pantun oleh Siswa Kelas VII SMP
Yayasan Pendidikan Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Tahun Pembelajaran 2017-
2018”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Yayasan
Pendidikan Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Tahun Pembelajaran 2017-2018
yang berjumlah 112 siswa yang terdiri dari tiga kelas dan penelitian ini hanya
,menggunakan satu kelas sebagai kelas sampel yang terdiri dari 38 siswa dengan
perlakuan yang berbeda yaitu sebelum dan sesudah menggunakan model
pembelajaran direct instruction. Metode dalam penelitian ini adalah metode
eksperimen. Tes untuk memperoleh data kemampuan menulis pantun adalah tes
tertulis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis
pantun oleh siswa kelas VII SMP Yayasan Pendidikan Tarbiyah Islamiyah Hamparan
Perak sebelum menggunakn model pembelajaran direct instruction adalah 69,83.
Nilai rata-rata kemampuan menulis pantun oleh siswa kelas VII SMP Yayasan
Pendidikan Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak sesudah menggunakan model
pembelajaran direct instruction adalah 83,93. Karena to yang diperoleh lebih besar
dari tabel t yaitu 5,62>2,02. Maka Hipotesis dari penelitian ini ada pengaruh model
pembelajran direct instruction terhadap kemampuan menulis pantun oleh siswa kelas
VII SMP Yayasan Pendidikan Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Tahun
Pembelajaran 2017-2018.