Abstract:
Latar Belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan anak
menghafal huruf hijaiyah di RA Pesantren Modern Daar Al-Ulum, rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan anak menghafal huruf
hijaiyah melalui metode Numberhead Together di RA Pesantren Modern Daar Al- Ulum Kecamatan Kisaran Barat Kabupaten Asahan. Tujuan penelitian ini adalah
meningkatkan kemampuan anak menghafal huruf hijaiyah melalui metode
numberhead together di RA Pesantren Modern Daar Al-Ulum Kecamatan Kisaran
Barat Kabupaten Asahan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang
dilakukan dalam tiga siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan
tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di RA Pesantren
Modern Daar Al-Ulum dengan obyek anak-anak RA Pesantren Modern Daar Al-Ulum
yang berjumlah 20 orang anak yang terdiri dari anak laki-laki berjumlah 9 orang dan
anak perempuan 11 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu
menggunakan observasi yang dilakukan oleh peneliti dengan berkolaborasi bersama
guru kelas. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan
kemampuan anak menghafal huruf hijaiyah. Peningkatan kemampuan anak
menghafal huruf hijaiyah meningkat secara bertahap pada kondisi awal sebelum
pemberian tindakan hasil rata-rata yang diperoleh pada pra siklus yaitu 26,6%,
sedangkan pada siklus 1 diperoleh hasil rata-rata kemampuan anak menghafal huruf
hijiyah sebesar 47,5 % dan pada siklus 2 diperoleh hasil rata-rata 73,3 %. Pada siklus
3 diperoleh hasil rata-rata kemampuan anak menghafal huruf hijaiyah sebesar 80 %.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui metode
Numberhead Together dapat meningkatkan kemampua anak menghafal huruf
hijaiyah di RA Pesantren Modern Daar Al-Ulum Kecamatan Kisaran Barat Kabupaten
Asahan.