Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan
kemampuan mengenla huruf alfabet anak melalui metode pembelajaran pemetaan
pikiran di RA Raudhatul Hasanah Sentang Kota. Tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan kemampuan anak mengenal huruf alfabet melalui metode
pembelajaran pemetaan pikiran di RA Raudhatul Hasanah Sentang Kota. Penelitian
ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam tiga siklus yang terdiri
dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi.
Penelitian ini dilakukan di RA Raudhatul Hasanah Sentang Kota dengan obyek anakanak
RA Raudhatul Hasanah yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari anak
laki-laki berjumlah 7 orang dan anak perempuan 8 orang. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi yang dilakukan oleh peneliti
dengan berkolaborasi bersama guru kelas. Berdasarkan hasil penelitian diketahui
bahwa melalui metode pembelajaran pemetaan pikiran dapat meningkatkan
kemampuan anak mengenal huruf alfabet di RA Raudhatul Hasanah Sentang Kota.
Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata dalam bentuk
persen dari tahap pra siklus dan setelah dilakukan tindakan kelas. Berdasarkan
ketentuan minimal anak adalah BSH maka dapat dirata-ratakan peningkatan
kemampuan anak mengenal huruf yaitu pada pra siklus 46%, selanjutnya siklus 1
rata-ratanya 51%, dan pada siklus 3 rata-rata yang diperoleh anak adalah 82,2%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui metode
pembelajaran pemetaan pikiran dapat meningkatkan kemampuan anak mengenal
huruf alfabet.