Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni “Apakah Seni Musik dapat
Meningkatkan Kecerdasan Emosi Anak di RA Ichwanul Ridho Medan.Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas. Adapun tujuan penelitian ini agar anak didik dapat
mengekspresikan bentuk emosi serta mengelola emosi dalam mengikuti kegiatan
pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B di RA Ichwanul Ridho
Pulo Brayan Bengkel tahun pelajaran 2016 – 2017 yang berjumlah 15 anak. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan melalui tiga siklus yang dirancang secara
sistematis dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi.Hasil observasi dan penilaian pada PTK ini, bahwa adanya peningkatan
kecerdasan emosi anak melalui kegiatan seni musik di kelompok B yakni sebelum
tindakan anak yang berkembang sesuai harapan dan anak yang berkembang sangat baik
ada 22,66 %, pada siklus pertama (I) anak yang berkembang sesuai harapan dan anak
yang berkembang sangat baik ada 38,66%, pada siklus kedua (II) anak yang berkembang
sesuai harapan dan anak yang berkembang sangat baik ada 57,33%, pada siklus ketiga
(III) anak yang berkembang sesuai harapan dan anak yang berkembang sangat baik ada
91,98%.
Dari hasil pelaksanaan PTK siklus pertama, kedua dan ketiga dapat disimpulkan
bahwa kegiatan pembelajaran melalui seni musik dapat meningkatkan kecerdasan emosi
anak di kelompok B RA Ichwanul Ridho.