Abstract:
Penelitian Ini Bertunjuan Untuk Mengetahui Apakah Penerapan Model
Pembelajaran ATI Dapat Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Serta
Untuk Mengetahui Bagaimana Upaya Peningkatan Pemahaman Hasil Belajar
Matematika Dengan Model Pembelajaran ATI Pada SMP Negeri 5 Medan Labuhan
Tahun Pelajaran 2017/2018.
Subjek Dalam Penelitian Ini Adalah Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Medan
Labuhan Yang Berjumblah 23 Orang Dan Objek Dalam Penelitian Ini Adalah
Meningkat Pemahaman Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model
Pembelajaran ATI Pada Materi Himpunan. Instrument Penelitian Yang Digunakan
Adalah Observasi Dan Tes.
Jenis Penelitian Ini Adalah Penelitian Tindakkan Kelas (PTK) Yang Terdiri Dari
Atas 3 Siklus, Masing-Masing Terdiri Dari 3 Kali Pertemuan. Sebelum Memberikan
Tindakan, Siswa Diberi Tes Pemahaman Hasil Belajar Awal Dan Disetiap Akhir Siklus
Diberikan Tes Pemahaman Hasil Belajar. Dari Hasil Analisi Data Diperoleh
Peningkatan Pemahaman Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Himpunan
Dikelas VII Mulai Dari Tes Pemahaman Hasil Belajar Awal Sampai Tes Pemahaman
Hasil Belajar Akhir. Banyak Siswa Yang Mencapai Ketuntasan Dari Tes Pemahaman
Hasil Belajar 7 Dari 23 Orang (30,43%) Dengan Rata-Rata Kelas 52,39 Hasil Analisis
Data Pada Siklus I Setelah Dilakukan Penerapan Model Pembelajaran ATI
Menunjukkan Banyaknya Siswa Yang Mencapai Ketuntasan Belajar Adalah 10 Dari
23 Orang (43,48%) Dengan Rata-Rata Kelas 62,39. Sedangkan Banyak Siswa Yang
Mencapai Ketuntasan Belajar Pada Siklus II Adalah 17 Dari 23 Orang (73,91%) Dan
Rata-Rata Kelas 70,87. Sedangan Banyaknya Siswa Yang Mencapai Ketuntasan
Belajar Pada Siklus III Adalah 22 Dari 23 Orang (95,65%) Dan Rata-Rata 80,22.
Berdasarkan Kriteria Ketuntasan Belajar Klasikal Maka Pembelajaran Ini Telah
Mencapai Target Ketuntasan Belajar Klasikal.
Dengan Demikian Dapat Disimpulkan Bahwa Melalui Model Pembelajaran ATI
Dapat Meningkatkan Pemahaman Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi
Himpunan Dikelas VII SMP Negeri 5 Medan Labuhan.