dc.description.abstract |
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu “Bagaimanakah Penerapan Model
Pembelajaran Take and Give dalam meningkatkan Hasil belajar Akuntansi Siswa
Kelas X AK SMK PAB 2 Helvetia ? “
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi siswa
kelas X AK setelah diterapkan Model Pembelajaran Take and Give di SMK PAB
2 Helvetia Tahun Pembelajran 2016/2017.
Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AK SMK PAB 2
Helvetia Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang keseluruhannya berjumlah 38
siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah Model Pembelajaran Take and Give
untuk meningkatkan hasil belajar belajar akuntansi siswa. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini adalah pemberian tes untuk melihat hasil, lembar
observasi guru serta lembar observasi aktivitas siswa selama proses pembelajaran
berlangsung.
Observasi terhadap aktivitas siswa dan aktivitas peneliti menunjukkan
adanya peningkatan . pada Siklus I di peroleh aktivitas siswa 55,26%. Selanjutnya
pada data hasil belajar siswa pada Siklus I 68,42% dengan nilai rata-rata 55,26%
sedangkan pada siklus II meningkat 74,94% dengan nilai rata-rata 86,. Dengan
demikian ada peningkatan hasil belajar siswa dalam proses belajar mengajar pada
Kompetensi Jurnal Umum Akuntansi. Berdasarkan hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa model Take and Give dapat meningktakan hasil belajar
akuntansi siswa kelas X AK SMK PAB 2 Helvetia T.P 2016/2017. |
en_US |