dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar faktor–faktor yang
mempengaruhi hasil Belajar Akuntansi di SMA Muhammadiyah I Medan Tahun Pelajaran
2015/2016 dan untuk mengetahui faktor – faktor yang signifikan mempengaruhi hasil belajar
akuntansi siswa tahun pelajaran 2015/2016. Instrumen penelitian yang digunakan berupa
angket analisis faktor– faktor yang signifikan mempengaruhi hasil belajar akuntansi siswa
yang totalnya ada 30 item pernyataan yang terdiri dari 15 item tentang minat dan 15 item
tentang bakat. Hasil uji validitas dari 30 item pernyataan diperoleh semua item valid. Sebagai
populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS yang terdiri dari 42 siswa SMA
Muhammadiyah I Medan, sehingga yang menjadi sampel penelitian ini berjumlah 42 siswa.
Hasil uji reliabilitas dari 30 item pernyataan semua valid dengan tingkat reliabel kuat. Hasil
uji normalitas dari semua data yang ada berdistribusi normal. Berdasarkan nilai
communalities selalu menunjukkan nilai yang positif. Hal ini berarti kedua variabel benarbenar memberikan dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa yaitu
variabel minat dan kebutuhan memiliki nilai sebesar 0,771, artinya variable minat dan bakat
mempengaruhi hasil belajar akutansi siswa. Dari hasil penelitian yang diperoleh nilai total
variance explained bernilai 2 sesuai dengan jumlah variable. Hasil Nilai Intial Eigenvalues
dari komponen minat sebesar 1,542 dengan variance 77,078. Komponen pemberian bakat
pada pembelajaran sebesar 0,458 dengan variance 22,922. Kedua nilai Extraction Sum Of
Squared Loadings yang bagus untuk menentukan nilai variansnya yaitu nilainya ada pada
komponen variabel minat sebesar 1,542. |
en_US |