Abstract:
Penelitian ini dilakukan karena masih rendahnya kreativitas anak Di RA
Nurul A’in Kab. Simalungun dan pengelolaan kelas yang belum tepat. Rumusan
masalah yang diteliti adalah Bagaimana meningkatkan kreativitas anak dengan
mencocok di RA Nurul A’in Karang Tengah Kab. Serdang Bedagai. Tujuan
penelitian ini untuk meningkatkan kreativitas anak dengan mencocok
menggunakan tusuk gigi. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan
kelas,yang terdiri dari 3 Siklus terdiri dari 5 tahap yaitu, perencanaan,
pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Subjek peneltitian ini adalah siswa
RA Nurul A’in Karang Tengah Kab. Serdang Bedagai. Instrumen penilaian yang
digunakan adalah observasi dan analisis data yang digunakan adalah analisis
data kualitatif yang dapat dilihat dari kategori predikat tingkat keberhasilan
proses pembelajaran kreativitas anak. Hasil penelitian yang diperoleh
mengalami peningkatan.Sebelumnya dilakukan tindakan pra siklus dengan skor
persentase 25 %, dilanjutkan ke siklus 1 dengan hasil persentase 55 %, dan
pada siklus ke 2 mengalami peningkatan menjadi 70 % dan pada siklus 3
mengalami peningkatan menjadi 85 %. Setelah dilakukan penelitian yang
dimulai dari pra siklus, siklus 1 dan siklus 2, dan 3 maka dapat disimpulkan
bahwa dengan mencocok dengan menggunakan tusuk gigi dapat meningkatkan
kreativitas anak di RA Nurul A’in Karang Tengah Kab. Serdang Bedagai.