Research Repository

Efektivitas Model Pembelajaran Sinektik terhadap Kemampuan Menulis Cerpen oleh Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 18 Sunggal Kabupaten Deli Serdang Tahun Pembelajaran 2016-2017.

Show simple item record

dc.contributor.author Angusti, Chicha
dc.date.accessioned 2020-11-19T02:34:48Z
dc.date.available 2020-11-19T02:34:48Z
dc.date.issued 2017-04-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13587
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membuat menulis cerpen dengan menggunakan model pembelajaran sinektik dan untuk mengetahui kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan model eksperimen, dengan instrumen tes essai menulis cerpen dan angket respon siswa diberikan kepada kelas eksperimen. Pada penelitian ini yang akan menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 18 Sunggal Kabupaten Deli Serdang yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 123 siswa. Pengembilan sampel dilakukan dengan acak kelas maka diperoleh kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Tes ini diujikan setelah siswa mengikuti pembelajaran menggunakan model sinektik dan konvensional, karena penelitian ini bersifat komperatif, maka rata-rata nilai variabel X1 dan X2 dibandingkan satu sama lain. Bedasarkan hasil analisis data dan uji statistik diperoleh hasil penelitian, kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan model pembelajaran sinektik memperoleh nilai rata-rata 77,63; varians 57,13; simpangan baku 7,55; uji normalitas Lhitung < Ltabel atau 0,0381 < 0,1617 yang berarti populasi berdistribusi normal dan hasil persentase angket sebesar 66,04% siswa merespon positif pembelajaran. Sedangkan menggunakan model konvensional memperoleh nilai rata-rata 69,26; varians 94,47; simpangan baku 9,7 dan uji normalitas Lhitung < Ltabel atau 0,0107 < 0,1617 yang berarti populasi berdistribusi normal. Kedua kelas sampel dinyatakan homogen berdasarkan uji homogenitas Fhitung < Ftabel yaitu 1,653 < 1,860. Oleh karena itu, berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu 3,848 > 1,671. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran sinektik efektif digunakan terhadap kemampuan menulis cerpen oleh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 18 Sunggal Kabupaten Deli Serdang Tahun Pembelajaran 2016-2017. Keefrektifan tersebut didukung oleh proses pemebelajaran kelas sampel, bahwa pada kelas eksperimen menerapkan langkah-langkah praktis yang mendorong siswa aktif belajar, sedangkan kelas kontrol tidak menerapkan langkah-langkah praktis yang dapat mengaktifkan siswa untuk belajar. en_US
dc.subject Efektivitas Model Pembelajaran en_US
dc.subject Sinektik terhadap Kemampuan Menulis Cerpen en_US
dc.title Efektivitas Model Pembelajaran Sinektik terhadap Kemampuan Menulis Cerpen oleh Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 18 Sunggal Kabupaten Deli Serdang Tahun Pembelajaran 2016-2017. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account