Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bela negara anak
melalui permainan kecerdasan majemuk di RA Annisa Desa Hajoran Kabupaten
Labuhan Batu Selatan. Penelitian ini dilakukan di RA Annisa Desa Hajoran
Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak RA
Anissa Desa Hajoran yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 10 anak lakilaki
dan 5 anak perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
terdiri dari tiga siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan lembar observasi dan teknik analisis data dilakukan dengan
menggunakan statistik deskriptif sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diketahui
bahwa melalui kegiatan permainan kecerdasan majemuk dapat meningkatkan
kemampuan bela anak. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan
rata-rata dalam bentuk persen dari tahap pra siklus dan setelah dilakukan tindakan
kelas. Berdasarkan ketentuan minimal anak adalah BSH maka dapat dirata-ratakan
peningkatan kemampuan bela negara anak yaitu pada pra siklus 26,6 %, selanjutnya
siklus 1 rata-ratanya 48,8%, siklus 2 rata-ratanya 71,0 dan pada siklus 3 rata-rata yang
diperoleh anak adalah 91,0%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan
bahwa melalui permainan kecerdasan majemuk dapat meningkatkan kemampuan
bela negara anak di RA Annisa Desa Hojoran Kabupaten Labuhan Batu Selatan