Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning
(pembelajaran berbasis proyek) dalam kemampuan menulis tajuk rencana dna
mendeskripsikan apakah model project based learning lebih efektif dibandingkan dengan
metode ceramah oleh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Medan Tahun pembelajaran
2015-2016.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan design
posttest only design, yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk mencari pengaruh antara
dua variabel dengan menggunakan satu kali postes. Instumen yang digunakan peneliti
untuk mengukur keberhasilan model ini adalah tes esai menulis tajuk rencana.
Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2
Medan yang berjumlah 86 siswa yang tersebar dalam 3 kelas, dimana tiap kelas terdiri
dari 26 siswa kelas VIIIa ( kelas ekperimen ), 20 siswa kelas VIIIb dan 40 siswa kelas
VIIIc ( kelas kontrol ).
Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah
72,92 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 61,95, dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran menggunakan model project based learning (pemebelajaran berbasis proyek)
lebih efektif dalam kemampuan menulis tajuk rencana oleh siswa kelas VIII SMP
Muhammadiyah Medan Tahun Pembelajaran 2015-2016. Hal ini terbukti dengan uji
statistik yang dilakukan. Berdasarkan uji-t, dengan membandingkan thitung dengan ttabel
diperoleh thitung > ttabel yaitu 53,93 lebih besar dari 1,663 dengan demikian HO di tolak Ha
diterima yang berarti terdapat pengaruh model Project based learning dalam Kemampuan
Menulis Tajuk Rencana oleh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Medan Tahun
Pembelajaran 2015-2016.