Abstract:
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode
Tutor sebaya terhadap kemampuan menulis pantun oleh Siswa Kelas VII SMP
Muhammadiyah 08 Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017. Lokasi penelitian ini
dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 08 Medan dengan populasi 64 orang, yakni
kelas VII-A berjumlah 32 orang, VII-B berjumlah 32 orang. Dalam penelitian ini,
dilakukan pengambilan sampel dengan carasampel total. Kelas VII-A diterapkan
sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menerima pembelajaran dengan
menggunakan Metode Tutor Sebaya. Sedangkan kelas VII-B diterapkan sebagai
kelas kontrol yaitu kelas yang menerima pembelajaran dengan menggunakan
metode ceramah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.
Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes esai. Berdasarkan teknis
analisis data, dapat diketahui bahwa kemampuan menulis pantun pada kelas
eksperimen paling banyak berada pada nilai 80-100 yaitu 62,5% artinya
kemampuan dari sebagian besar siswa kelas eksperimen berada pada tingkat baik
sekali. Pada kelas kontrol kemampuan menulis pantun paling banyak 40-55 yaitu
68.75% artinya kemampuan dari sebagian besar siswa kelas kontrol berada pada
tingkat baik.
Oleh karena itu, dengan diperoleh harga thitung = 21,28 selanjutnya
harga thitung ini dibandingkan dengan harga ttabel dengan taraf signifikan α = 0,05
dengan dk = n1 + n2 – 2 = 62, maka diperoleh ttabel = 1,66890..Dengan demikian
dapat diketahui bahwa thitung>ttabel yaitu 21,28>1,66890. Maka ha diterima dan ho ditolak. Disimpulkan bahwa “Ada Pengaruh MetodeTutor Sebayaterhadap
kemampuan menulis pantunoleh Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 08 Medan
tahun pembelajaran 2016-2017”.