Research Repository

Upaya Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Kolase dengan Media Biji-bijian di RA Al-Fajri Kampung Kolam

Show simple item record

dc.contributor.author Khadijah, Siti
dc.date.accessioned 2020-11-19T02:22:41Z
dc.date.available 2020-11-19T02:22:41Z
dc.date.issued 2017-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13572
dc.description.abstract Motorik halus anak di kelompok B RA Al-Fajri Kampung Kolam masih sangat rendah. Hal ini menyebabkan anak menjadi kurang kreatif. Pembelajaran motorik halus melalui kegiatan Kolase di RA Al-Fajri Kampung Kolam masih jarang dilakukan. Oleh karena itu perlu ada perubahan strategi dalam kegiatan pembelajaran, untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah kegiatan kolase dengan media biji-bijian dapat meningkatkan perkembangan motorik halus anak di RA Al-Fajri Kampung Kolam? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan motorik halus anak melalui kegiatan Kolase dengan media biji-bijian di RA Al-Fajri Kampung Kolam. Subjek penelitian adalah kelompok B yang berjumlah 20 orang di RA Al-Fajri Kampung Kolam T.A 2016-2017. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi yaitu hasil penelitian perkembangan motorik halus anak, hasil karya, dan dokumentasi. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus dilaksanakan sesuai tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, analisis dan refleksi. Hasil analisa pada data grafik pra siklus mencapai nilai rata-rata 33,75%, siklus I 55%, siklus II 70% dan siklus III 80%. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui kegiatan kolase dapat meningkatkan perkembangan motorik halus anak di kelompok B RA Al-Fajri Kampung Kolam. en_US
dc.subject Motorik Halus Anak en_US
dc.subject Kolase en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Kolase dengan Media Biji-bijian di RA Al-Fajri Kampung Kolam en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account