Abstract:
Penerapan Metode proyek anak RA Taski Arif Desa Pulau gambar masih tergolong
rendah.Permasalahan yang biasa di rumuskan adalah bagaimana penerapan metode proyek dengan
kecerdasan naturalistik di RA Taski Arif Desa pulau Gambar.Penelitian ini bertujuan untuk Penerapan
Metode Proyek Dengan Kecerdasan Naturalistik Anak di RA Taski Arif Desa Pulau Gambar. Prosedur
penelitian ini di lakukan melalui tiga siklus yang dirancang secara sistematis dengan beberapa tahapan
yaitu perencanaan,pelaksanaan,pengamatan,dan refleksi dengan metode kualitatif.Penilaian
perkembangan Penerapan Metode Proyek denagan Kecerdasan Naturalistik anak dilakukan
observasi,Teknik analisis data dan deskriptif,kualitatif.
Sebelum melakukan melaksanakan ptk haruslah membuat berbagai rapat instrumental yang
digunakan untuk memberi perlakuan dalam PTK yaitu rencana pembelajaran yang akan di jadikan PTK
1.melaksanakan pra siklus,2. Membuat RKH danRKM,3.mempersiapkan bahan-bahan yang di gunakan
untuk kegiatan pembelajaran,4. Mempersiapkan media,lembar evaluasi dan observasi.dan 5.untuk
memantapkan keyakinan dari guru perlu menstimulasi pelaksanaan tindakan.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah “Untuk Meningkatkan Kecerdasan Naturalistik dengan
Meggunakan Metode Proyek pada Anak Kelompok B di RA Taski Arif”.Memperkenalkan anak secara
satu persatu kepada anak agar anak timbul rasa ingin ketahui atau apa yang ia lihat terhadap lingkungan
sekitarnya.
Simpulan penelitian ini menunujukan bahwa pada prasiklus 20 % ,siklus I 70 % ,siklus II 80 %
,siklus III 85 %,simpulannya dengan membangun kecerdasan naturalistik anak dapat meningkatkan
penerapan proyek anak di RA Taski Arif Desa pulau Gambar.