Research Repository

. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Menulis Cerita Fantasi oleh Siswa Kelas VII SMP Swasta Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2016- 2017. Skripsi. Medan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Show simple item record

dc.contributor.author Sari., Ita Purnama
dc.date.accessioned 2020-11-19T02:19:36Z
dc.date.available 2020-11-19T02:19:36Z
dc.date.issued 2017-04-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13566
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap kemampuan menulis cerita fantasi oleh siswa kelas VII SMP Swasta Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Budisatrya Medan Jl. Letda Sujono No. 166 Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-1 dan kelas VII-4 Tahun Pembelajaran 2016-2017 yang berjumlah 80 siswa. Kelas eksperimen atau kelas yang menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning yaitu kelas VII-1 dengan jumlah 40 siswa, sedangkan kelas kontrol atau kelas yang menggunakan model pembelajaran ceramah yaitu kelas VII-4 dengan jumlah 40 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen yang berupa tes essai yaitu menulis cerita fantasi. Penelitian ini menggunakan uji t . Hasil penelitian di kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning sangat baik. Hal ini dibuktikan berdasarkan perhitungan diketahui kemampuan menulis cerita fantasi yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning yang menunjukkan bahwa 16 siswa (40%) mendapat nilai sangat baik, 14 siswa (35%) mendapat nilai baik, 10 siswa (25%)mendapat nilai cukup, tidak ada siswa yang mendapat nilai kurang dan tidak ada siswa yang gagal. Sementara itu, hasil penelitian di kelas kontrol menggunakan model pembelajaran ceramah kurang baik. Hal ini dibuktikan berdasarkan perhitungan diketahui kemampuan menulis cerita fantasi dengan menggunakan model ceramah yang menunjukkan bahwa 1 siswa (2,5%) mendapat nilai sangat baik, 14 siswa(35%) mendapat nilai baik, 8 siswa(20%) mendapat nilai cukup, 17 siswa (42,5%) mendapat nilai kurang dan tidak ada siswa yang gagal. Hipotesis yang diperoleh berbunyi “Ada Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan Menulis Cerita Fantasi”. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa H diterima, karena dari hasil pengujian hipotesis diketahui harga t >t =6,792>1,66462. en_US
dc.subject Pengaruh Model Pembelajaran en_US
dc.subject Contextual Teaching and Learning en_US
dc.title . Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Menulis Cerita Fantasi oleh Siswa Kelas VII SMP Swasta Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2016- 2017. Skripsi. Medan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account