Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran
Make A Match terhadap Kemampuan menentukan Struktur Teks anekdot oleh Siswa
Kelas X SMK NegeriBinaan Provsu Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMK Negeri Binaan Provsu Medan
Tahun Pembelajaran 2016-2017 yang berjumlah 195 siswa yang terdiri dari 6 kelas dan
menggunakanduaa kelas sebagai kelas sampel yang terdiri dari 60 siswa yaitu 30 siswa
sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Make A Match dan 30 siswa
sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah.
Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Tes untuk memperoleh data
kemampuan menentukan struktur teks anekdot digunakan tes dalam bentuk tertulis.
Dalam hal ini siswa mempraktikan dengan sangat cermat dan secara berkelompok.
Setelah data analisis diketahui kemampuan menentukan struktur teks anekdot kelas X
SMK Negeri Binaan Provsu Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017 berada pada tingkat
”baik” dengan nilai rata-rata 74,31 dalam kelas eksperimen. Sedangkan kemampuan
menentukan struktur teks anekdot menggunakan rumus uji-t diketahui thitung = 2,02.
Hasil penelitian ini menunjukan thitung diperoleh, selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel
pada tarif signifikan α = 0,05 dengan dk (n1 + n2)-2, dk (30+30)-2 = 58, maka dapat ttabel
= 1,67. Oleh karena itu thitung ˃ ttabel yaitu 2,02 ˃ 1,67. Dengan demikian hipotesis
berbunyi “ Terdapat pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap kemampuan
menentukan struktur teks anekdot dapat diterima”.