Abstract:
Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan visual spasial
anak, kemampuan anak dalam bermain maze rendah, belum tercapainya hasil
pembelajaran secara optimal, kurangnya media dalam bermain maze Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas peneliti yaitu kelompok B
RA Sabariyah Kelurahan Harjosari II dengan jumlah anak sebanyak 17 anak dengan 10
anak laki-laki dan 7 anak Perempuan.
Teknik analisis data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi.
Penelitian dilakukan melalui 3 siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi
Hasil penelitian menunjukkan bahwa visual spasial anak dapat ditingkatkan dengan
menggunakan media bermain maze pada RA Sabariyah Kelurahan Harjosari II
Kecamatan Medan Amplas Tahuan ajaran 2015/2017, hal tersebut dapat dilihat dari hasil
penelitian pada setiap siklus; prasiklus visual spasial anak sangat rendah yaitu hasil
persentase rata-rata sebesar 26,5%, pada siklus 1 hasil persentase rata-rata sebesar 41%,
pada siklus 2 hasil persentase rata-rata sebesar 57,5% dan pada siklus 3 rata-rata sebesar
85%.