Abstract:
Penelitian ini dilakukan karena masih rendahnya kemampuan motorik
halus anak dalam kegaiatan membuat benda guci di RA Raudhatul Jannah
Serdang Bedagai Serdang Bedagai Rumusan masalah yang diteliti adalah
Bagaimana meningkatkan motorik halus dalam membauat benda guci dengan
kertas, Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motorik halus anak.
Penelitian tindakan kelas,yang terdiri dari 3 Siklus terdiri dari 5 tahap
yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi , analisis dan refleksi. Subjek
peneltitian ini adalah anak RA Raudhatul Jannah Serdang Bedagai d.
Instrumen penilaian yang digunakan adalah observasi dan analisis data yang
digunakan adalah analisis data kualitatif yang dapat dilihat dari kategori
predikat tingkat keberhasilan proses pembelajaran motorik halus membuat benda
guc.i
Hasil penelitian yang peneliti lakukan melalui kegiatan membuat benda
guci untuk meningkatkan Kemampuan motorik halus ,dengan hasil pada
prasiklus, dengan hasil 33 %, siklus 1 dengan hasil 47,75 %). Siklus 2 dengan
hasil 68,75 %. Pada Siklus 3 Kemampuan motorik halus dalam kegiatan membuat
benda guci mengalami peningkatan dengan hasil 89,58 %).
Setelah dilakukan penelitian yang dimulai dari pra siklus, siklus 1, siklus 2
dan siklus 3 maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan kertas
membuat benda guci dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di RA
Raudhatul Jannah Serdang Bedagai