Abstract:
Media pembelajaran merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan, karena
media pembelajaran sangat mempengaruhi tingkat pemahaman siswa terhadap materi
yang disampaikan di kelas. Media pembelajaran merupakan sarana untuk
menyampaikan informasi dari pengirim pesan kepada penerima pesan, dengan
harapan proses komunikasi pembelajaran dapat berjalan degan efektif dan pesan yang
ingin disampaikan dapat diterima secara utuh oleh siswa sehingga pada akhirnya akan
meningkatkan kualitas pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media wall chart dalam
meningkatkan kemampuan menulis teks pengumuman siswa. Siswa diberikan tes
untuk mendapatkan hasil ketuntasan belajar siswa, aktivitas belajar siswa dan respon
siswa terhadap pembelajaran. Kemudian peneliti mendeskripsikan hasil tersebut
dalam analisis data.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan
menggunakan one group pretest posttest design dan penelitian ini menggunakan alat
pengumpul data berupa tes, yaitu tes tertulis. Jumlah skor kelas menggunakan media
wall chart adalah 2706 dengan mean 84,5 dan jumlah skor kelas tidak menggunakan
wall chart adalah 1864 dengan mean 58,2. Hasil analisis data dilakukan dengan
menggunakan uji hipotesis atau uji-t. Hasil pengujian pada taraf α = 0,05% diperoleh
nilai thitung > ttabel pada taraf signifikan α = 0,05% dengan dk = + – 2 = 62.
Dengan demikian dapat diketahui bahwa t > t yaitu 3,05 > 1,693. maka Ho
ditolak dan Ha diterima.
Dengan demikian, hasil kemampuan siswa dalam kemampuan menulis teks
pengumuman yang diajarkan dengan menggunakan media wall chart lebih tinggi
dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan tidak menggunakan media
wall chart, artinya media wall chart berpengaruh positif terhadap kemampuan
menulis teks pengumuman oleh siswa kelas VII SMP Pembangunan Nasional
Kecamatan Pagar Merbau Tahun Pembelajaran 2016-2017.