Abstract:
Latar belakang dalam penelitian ini adalah upaya rendahnya kemampuan
kognitif anak dalam mengelompokkan benda berdasarkan bentuk, warna dan ukuran
di RA Al-Fattah Sidotani Kabupaten Simalungun. Rumusan masalah dalam penelitian
ini adalah upaya meningkatkan kognitif anak dalam mengelompokkan benda
berdasarkan bentuk, warna dan ukuran melalui model pembelajaran kontekstual di
RA Al-Fattah Sidotani Kabupaten Simalungun. Tujuan penelitian ini adalah
meningkatkan kemampuan anak mengelompokkan benda berdasarkan bentuk, warna
dan ukuran melalui model pembelajaran kontekstual di RA Al-Fattah Sidotani
Kabupaten Simalungun. Metodologi dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan,
pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di
RA Al-Fattah Sidotani Kabupaten Simalungun dengan obyek anak-anak RA Al- Fattah Sidotani yang berjumlah 20 orang anak yang terdiri dari anak laki-laki
berjumlah 11 orang dan anak perempuan 9 orang. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini yaitu menggunakan observasi yang dilakukan oleh peneliti dengan
berkolaborasi bersama guru kelas. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah
terjadi peningkatan kognitif anak dalam mengelompokkan benda berdasarkan bentuk,
warna dan ukuran. Peningkatan kemampuan kognitif anak, meningkat secara
bertahap pada kondisi awal sebelum pemberian tindakan hasil rata-rata yang
diperoleh pada pra siklus yaitu 23,3%, sedangkan pada siklus 1 diperoleh hasil akhir
rata-rata kemampuan motorik kasar anak sebesar 45 % dan pada siklus 2 diperoleh
hasil rata-rata 76,6 %. Pada siklus 3 diperoleh hasil rata-rata kemampuan motorik
kasar anak sebesar 86,6 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan
bahwa melalui model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan
kognitif anak dalam mengelompokkan benda berdasarkan bentuk, warna dan ukuran
di RA Al-Fattah Sidotani Kabupaten Simalungun.