Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan sains sederhana
anak di RA Al-Husna Kecamatan Air Batu Kabupaten Asahan. Rendahnya
kemampuan sains sederhana anak disebabkan karena kurangnya kreatifitas guru
dalam menerapkan metode pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah
meningkatkan kemampuan sains sederhana anak kegiatan eksplorasi lingkungan
sekitar di RA Al-Husna Kecamatan Air Batu Kabupaten Asahan. Penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam beberapa siklus yang terdiri dari
perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi yang
dilaksanakan dengan tiga siklus. Penelitian ini dilakukan di RA Al-Husna Kecamatan
Air Batu Kabupaten Asahan dengan obyek anak-anak RA Al-Husna yang memiliki
jumlah anak 15 orang terdiri dari anak laki-laki berjumlah 6 orang dan anak
perempuan 9 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu
menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh peneliti dengan berkolaborasi
bersama guru kelas. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi
peningkatan kemampuan anak sains sederhana anak. Peningkatan kemampuan sains
sederhana anak mengalami peningkatan secara bertahap pada kondisi awal sebelum
pemberian tindakan hasil rata-rata yang diperoleh pada pra siklus yaitu 26,6 %,
sedangkan pada siklus 1 diperoleh hasil akhir rata-rata kemampuan sains sederhana
anak sebesar 48,8 % dan pada siklus 2 diperoleh hasil rata-rata 71,0 %. Pada siklus 3
diperoleh hasil rata-rata kemampuan sains sederhana anak sebesar 84,4 %. Dari hasil
penelitian tindakan kelas yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan sains
sederhana anak melalui kegiataneksplorasilingkungan sekitar terbukti dapat
meningkatkan kemampuan sains sederhana anak.