Abstract:
Kegiatan pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan sains anak di RA
WAHYU Medan Timur masih rendah hal ini tterlihat dari penerapan sains dalam
prakteknya sulit dilakukan anak. Ini sesuai dengan kondisi di lapangan bahwa anak hanya
sebatas mengetahui yang telah ada, tanpa memahami dengan jelas secara konsep. Anak
cenderung tidak mengetahui dari mana sesuatu itu berasal.Penelitian ini dilakukan untuk
dapat meningkatkan kemampuan sains anak di RA Wahyu Medan Timur.Penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di
RA Wahyu Medan Timur Penelitian ini bersifat kolaburatif antara peneiti, guru, dan
Kepala Sekolah. Prosedur penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan
kualitatif, untuk mendapatkan data analisis melalui observasi, tes,dan dokumentasi.
Pelaksanaan penelitian dilakukan melalui dua siklus yang dirancang secara sistematis
dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian meningkatan kemampuan anak mengenal konsep bilangan melalui
metode card sort terlihat dari observasi pra penelitian 23,33% siklus I naik 38,33%, siklus
II meningkat menjadi 60% dan siklus III meningkatkan menjadi 80%Kesimpulan
penelitian ini adalah melalui model eksperimen air dapat meningkatkan kemampuan sains
anak di RA Wahyu Medan Timur .