Abstract:
Latar belakang masalah penelitian ini adalah rasa empati anak dapat ditingkatkan
dengan menggunakan metode kerjasama dan rendahnya kemampuan anak dalam
bekerjasama ketika menyelesaikan tuganya.
Berdasarkan observasi yang telah yang telah peneliti lakukan di RA As-Shohabiyah
Medan khususnya kelompok B, menunjukkan rasa emapati anak belum berkembang
sesuai harapan, cenderung egois.
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk memperbaiki agar empati anak
berkembang. Penelitian dilakukan dengan metode kerjasama dalam kegiatan
pembelajaran.
Subjek Penelitian ini terdiri dari 15 orang anak, 10 anak laki-laki dan 5 anak
perempuan. Berdasarkan penelitian ini, menunjukkan bahwa kemampuan anak
menunjukkan rasa empati dalam menggunakan metode kerjasama berhasil
ditingkatkan. Peningkatan dapat dilihat dari adanya peningkatan persentase secara
keseluruhan dari pra siklus sampai siklus 3. Berdasarkan ketentuan keberhasilan anak
adalah BSH dan BSB dengan keberhasilan minimal 80% maka dapat dirata-ratakan
peningkatan keberhasilan anak yaitu pra siklus sebesar 25,25%, siklus I sebesar
38,5%, siklus II sebesar 68% dan Siklus III sebesar 81,5%.