dc.description.abstract |
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui besarnya biaya pemasaran, sebaran harga ( Price
Spread) dan Share Margin serta hubungan terhadap Harga Eceran Tertinggi
(HET), tingkat efesiensi pemasaran dan faktor penghambat dalam pelaksanaan
pendistribusian pupuk bersubsidi bersubsidi di Desa Sei Mencirim Kecamatan
Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Penentuan lokasi penelitian ini ditentukan
secara purposive sampling, dalam penelitian ini sampel produsen dan lembaga
pemasaran yang terlibat di tentukan secara snowball sampling, Sedangkan cara
pengambilan sampel petani dilakukan dengan cara acak dari populasi sasaran
dengan menggunakan metode simple random sampling. Adapun metode analisis
data mengenai biaya pemasaran dihitung dengan menjumlahkan seluruh biaya
yang dikeluarkan selama menjalankan fungsi-fungsi pemasaran oleh masingmasing lembaga pemasaran, Sedangkan untuk melihat dampak pelaksanaan fungsi
pemasaran yang menimbulkan biaya pemasaran ditambah profit dalam tiap
lembaga dapat dilihat dari harga akhir yang dierima konsumen di daerah
penelitian yang dijelaskan secara deskriptif. Share Margin keuntungan pada
Distributor pupuk Urea adalah 2,08%; ZA adalah 2,13%; SP-36 adalah 1,67%;
NPK adalah 1,47 % ; dan Organik adalah 6,1%. Sedangkan Share Margin
keuntungan pada Pengecer pupuk Urea adalah 17,4%; ZA adalah 21,2%; SP-36
adalah 12,29%; NPK adalah 10,88%; dan Organik adalah 31%. Tingkat efesiensi
pemasaran pupuk Urea sebesar 7,5%, pupuk ZA sebesar 9,6%, pupuk SP-36
sebesar 7,5%, pupuk NPK sebesar 6,6%, pupuk Organik sebesar 22,1%. |
en_US |