Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan anak mengenal
lambang bilangan di RA Pesantren Modern Daar Al-Ulum Kecamatan Kisaran Barat
Kabupaten Asahan. Rendahnya kemampuan anak mengenal lambang bilangan
disebabkan karena kurangnya kreatifitas guru dalam menerapkan metode
pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan anak
mengenal lambang bilangan melalui media manipulative di RA Pesantren Modern
Daar Al-Ulum Kecamatan Kisaran Barat Kabupaten Asahan. Penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam beberapa siklus yang terdiri dari
perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi yang
dilaksanakan dengan tiga siklus. Penelitian ini dilakukan di RA Pesantren Modern
Daar Al-Ulum Kecamatan Kisaran Barat Kabupaten Asahan dengan obyek anak-anak
RA Pesantren Modern Daar Al-Ulum yang memiliki jumlah anak 20 orang terdiri dari
anak laki-laki berjumlah 7 orang dan anak perempuan 13 orang. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini yaitu menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh
peneliti dengan berkolaborasi bersama guru kelas. Hasil yang diperoleh dalam
penelitian ini adalah terjadi peningkatan kemampuan anakmengenal lambang
bilangan melalui media manipulatif. Peningkatan kemampuan anak mengenal
lambang bilangan mengalami peningkatan secara bertahap pada kondisi awal sebelum
pemberian tindakan hasil rata-rata yang diperoleh pada pra siklus yaitu 21,2 %,
sedangkan pada siklus 1 diperoleh hasil akhir rata-rata kemampuan sains sederhana
anak sebesar 50 % dan pada siklus 2 diperoleh hasil rata-rata 77,5 %. Pada siklus 3
diperoleh hasil rata-rata kemampuan sains sederhana anak sebesar 85 %. Dari hasil
penelitian tindakan kelas yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan anak
mengenal lambang bilangan melalui media manipulatif terbukti dapat meningkatkan
kemampuan anak mengenal lambang bilangan.