Abstract:
Penelitian Tindakan Kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motorik halus anak
kelompok B, RA Aisyiyah Cengkeh Turi Binjai. Hal ini mungkin dikarenakan media,
metode dan strategi yang digunakan guru belum efektif dan kurang memotivasi minat
belajar anak.
Berdasarkan masalah di atas, diharapkan melalui kegiatan melipat kertas dengan
koran bekas dapat meningkatkan motorik halus anak. Dalam proses pelaksanaannya
penelitian yang bersubjek 17 anak dengan rincian 9 anak laki-laki dan 8 anak
perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan
dokumentasi hasil karya. Alat yang digunakan adalah lembar instrumen penilaian,
dan observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Penelitian
ini dilakukan melalui 3 Siklus dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motorik halus anak kelompok B pada pra
tindakan sebanyak 17,6 %, pada siklus 1 meningkat menjadi 23.50 %, pada siklus 2
meningkat menjadi 44.11 % dan pada siklus 3 meningkat menjadi 80.87 %. Perolehan
persentase pada siklus 3 membuktikan bahwa penelitian ini telah mencapai indikator
keberhasilan yaitu motorik halus anak mengalami peningkatan 75 %.
Hal ini menyimpulkan bahwa motorik halus anak kelompok B RA Aisyiyah Cengkeh
Binjai meningkat dengan baik.