Abstract:
Kreativitas adalah kemampuan untuk menghasilkan ide/gagasan dan solusi yang
baru dan berguna untuk memecahkan masalah dan tantangan yang dihadapi dalam
kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak
melalui media permainan bounch magic ball di RA AL-FATHIN Kecamatan Medan
Belawan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek dalam penelitian
adalah siswa yang berusia 4-5 tahun yang tergabung dalam kelompok A RA ALFATHIN. Penelitian ini bersifat kolaboratif dengan guru kelas. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga
siklus, dan setiap siklusnya terdiri dari lima hari pertemuan. Penelitian ini terdiri dari
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kreativitas anak meningkat melalui media permainan bounch magic ball, yaitu
kreativitas anak sebelum diadakan tindakan sebesar 18,66 %. Setelah dilakukan penelitian
pada siklus pertama rata-rata kreativitas anak mengalami peningkatan sebesar 23,66 %,
pada siklus kedua sebesar 47,66% dan pada siklus ketiga sebesar 86 %. Kesimpulan dari
penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas anak menggunakan media
permainan bounch magic ball didukung oleh indikator kreativitas. Selain itu keberhasilan
dalam penelitian adalah adanya motivasi dari guru dan pendampingan kepada anak agar
anak memiliki rasa percaya diri.