Abstract:
Pendidikan anak usia dini hendaknya dapat mengembangkan seluruh aspek
perkembangan kemampuan anak, baik itu perkembangan sosial-emosional,
perkembangan kognitif, perkembangan fisik, perkembangan motorik maupun bahasa.
Dan di RA Al Ikhlas Timbaan I Kerasaan Kab. Simalungun minat belajar anak masih
rendah. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan minat belajar anak
dalam menggambar menggunakan pinsil warna. Penelitian ini merupakan Penelitian
Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian anak didik yang berjumlah 20 orang usia 5-6
tahun kelompok B RA Al Ikhlas Timbaan Kerasaan Kab. Simalungun tahun pelajaran
2016/2017. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru dan teman sejawat.
Prosedur penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan
kuantitatif, untuk mendapatkan data dan analisis melalui observasi dan dokumentasi.
Pelaksanaan penelitian dilakukan melalui tiga siklus yang dirancang secara sistematis
dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil
penelitian PTK mengenai minat belajar anak dengan menggunakan pinsil warna dalam
menggambar yaitu sebelum tindakan, anak yang berkembang sesuai harapan dan anak
yang berkembang sangat baik rata- rata 45 %, siklus I anak yang berkembang sesuai
harapan dan anak yang berkembang sangat baik rata-rata 55 %, dan siklus II anak
yang berkembang sesuai harapan dan anak yang berkembang sangat baik rata-rata 70
%, dan siklus III anak yang berkembang sesuia harapan dan berkembang sangat baik
rata-rata 85%. Simpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan pinsil warna
dalam menggambar di RA Al Ikhlas Timbaan Kerasaan Kab. Simalungun dapat
meningkatkan minat belajar anak..