Abstract:
Autis merupakan gangguan perilaku,
interaksi sosial, dan gangguan komunikasi, yang meupakan penghambat dalam
perkembangan anak . Masalah sosial yang muncul pada diri anak autis ini harus
ditangani oleh seorang ahli yaitu pekerja sosial, ada beberapa metode yang dapat
digunakan oleh pekerja sosial, namun dalam penelitian ini berfokus pada metode
sosial casework (perseorangan). Dari latar belakang di atas peneliti mengambil
rumusan masalah yaitu bagaimana penerapan metode sosial casework di TK
Khansa. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana tingkat
keberhasilan penerapan prinsip metode social casework di TK Khansa. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode field research
(Penelitian lapangan).
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : 1 Penerapan Prinsip
Penerimaan tingkat keberhasilannya 87 %, 2. Penerapan Prinsip Hubungan
dengan anak autis tingkat keberhasilannya 50 %, 3. Penerapan Prinsip
Individualisasi tingkat keberhasilannya 75,5 %, 4. Penerapan Prinsip Partisipasi
tingkat keberhasilannya 87 %, 5.Penerapan Prinsip kerahasiaan tingkat
keberhasilannya 24 % , dan 6. Penerapan Prinsip kesadaran diri tingkat
keberhasilannya 49,5 %.