Abstract:
Penelitian ini adalah mengenai respon masyarakat terhadap program
pelayanan badan penyelenggara jaminan sosial kesehatan (Studi di UPT
Puskesmas Kotapinang Kecamatan Kotapinang). Respon adalah suatu reaksi atau
jawaban yang bergantung pada stimulus atau merupakan hasil stimulus tersebut.
Respon masyarakat terhadap pelayanan kesehatan bagi pengguna BPJS belum
optimal. Hasil observasi menunjukkan bahwa kualitas pelayanan bagi peserta
BPJS belum baik jika dilihat berdasarkan panjangnnya antrian berobat, sempitnya
ruang tunggu, lamanya peserta menunggu waktu operasi, rumitnya proses
administrasi, fasilitas kelengkapan medis yang kurang lengkap, dan berita tentang
penolakan pasien sering terdengar. Perumusan masalah sangat penting agar
penelitian dapat terarah, mengetahui arah batasan penelitian serta dapat
meletakkan pokok yang akan dikaji (dibahas) dalam penelitian ini. Tujuan
penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui bagaimana respon masyarakat
terhadap program pelayanan BPJS Kesehatan di UPT Puskesmas Kotapinang
Batasan masalah dalam penelitian ini adalah pasien yang hanya berobat dan
pasien yang hanya mengurus surat rujukan. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif deskriptif dengan teknik populasi dan sampel, sampel dalam penelitian
ini adalah 100 orang responden. Pengumpulan data dilakukan dengan
koesioner/angket, observasi, dan dokumentasi lapangan. Hasil penelitian tentang
respon masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yaitu 6 dari 10 pasien BPJS
mengatakan bahwa pelayanan yang diterima tidak sama dengan pelayanan yang
bukan peserta layanan kesehatan BPJS. Dengan adanya penelitian ini dapat
memberikan manfaat sebagai wacana ilmiah dan acuan untuk melaksanakan
penelitiaan-penelitian yang menyangkut tentang pelayanan kesehatan terhadap
pasien serta dapat meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat pengguna
BPJS.