Research Repository

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Teori Apos Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Konteks Rumah Adat Joglo Jawa Tengah

Show simple item record

dc.contributor.author Sari, Ika Ratna
dc.date.accessioned 2020-03-01T10:21:09Z
dc.date.available 2020-03-01T10:21:09Z
dc.date.issued 2019-09-19
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1321
dc.description.abstract Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan LKPD berbasis teori APOS pada materi bangun ruang sisi datar konteks rumah adat Joglo Jawa Tengah pada kelas VIII di SMP Swasta Pelita T.P 2019/2020 yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE yang meliputi Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Pada penelitian pengembangan ini, peneliti membatasi tahap pengembangan sampai pada tahap Development (pengembangan). Subjek penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas VIII SMP Swasta Pelita. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kevalidan LKPD yang dikembangkan ini adalah angket penilaian oleh ahli dan guru matematika, untuk mengukur kepraktisan LKPD instrumen yang digunakan adalah angket respon peserta didik dan untuk mengukur keefektifan LKPD instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar peserta didik setelah menggunakan LKPD berbasis teori APOS konteks rumah adat Joglo Jawa Tengah. Kevalidan RPP dan LKPD dinilai dari penilaian para ahli dengan skor maksimal 4 untuk tiap-tiap pernyatan. Hasil penilaian rata-rata untuk RPP dan LKPD dari dua dosen ahli dan satu guru matematika berturut-turut yaitu 3,4 dan 3,7 yang berarti perangkat yang dikembangkan memiliki kualitas sangat valid. Kepraktisan berdasarkan angket respon peserta didik mendapatkan rata-rata skor 3,25 dari skor maksimal 4 untuk setiap pernyataan yang berarti perangkat yang dikembangkan memiliki kualitas praktis. Kefektifan LKPD yang dikembangkan ditinjau dari nilai tes hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Swasta Pelita diperoleh rata-rata kelas sebesar 84,66 dan persentase ketuntasan tes hasil belajar peserta didik sebesar 80% yang berarti efektif. en_US
dc.subject Pengembangan en_US
dc.subject LKPD en_US
dc.subject Teori APOS en_US
dc.subject Bangun Ruang Sisi Datar en_US
dc.subject Rumah Adat Joglo en_US
dc.title Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Teori Apos Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Konteks Rumah Adat Joglo Jawa Tengah en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account