dc.description.abstract |
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan LKPD berbasis teori APOS pada materi bangun ruang sisi datar konteks rumah adat Joglo Jawa Tengah pada kelas VIII di SMP Swasta Pelita T.P 2019/2020 yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE yang meliputi Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Pada penelitian pengembangan ini, peneliti membatasi tahap pengembangan sampai pada tahap Development (pengembangan). Subjek penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas VIII SMP Swasta Pelita.
Instrumen yang digunakan untuk mengukur kevalidan LKPD yang dikembangkan ini adalah angket penilaian oleh ahli dan guru matematika, untuk mengukur kepraktisan LKPD instrumen yang digunakan adalah angket respon peserta didik dan untuk mengukur keefektifan LKPD instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar peserta didik setelah menggunakan LKPD berbasis teori APOS konteks rumah adat Joglo Jawa Tengah. Kevalidan RPP dan LKPD dinilai dari penilaian para ahli dengan skor maksimal 4 untuk tiap-tiap pernyatan. Hasil penilaian rata-rata untuk RPP dan LKPD dari dua dosen ahli dan satu guru matematika berturut-turut yaitu 3,4 dan 3,7 yang berarti perangkat yang dikembangkan memiliki kualitas sangat valid. Kepraktisan berdasarkan angket respon peserta didik mendapatkan rata-rata skor 3,25 dari skor maksimal 4 untuk setiap pernyataan yang berarti perangkat yang dikembangkan memiliki kualitas praktis. Kefektifan LKPD yang dikembangkan ditinjau dari nilai tes hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Swasta Pelita diperoleh rata-rata kelas sebesar 84,66 dan persentase ketuntasan tes hasil belajar peserta didik sebesar 80% yang berarti efektif. |
en_US |