Research Repository

Analisis Keterbacaan Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Kurikulum 2013 Revisi 2017 dengan Menggunakan Formula Grafik Fry.

Show simple item record

dc.contributor.author Yossyanti, Mila
dc.date.accessioned 2020-11-18T05:06:23Z
dc.date.available 2020-11-18T05:06:23Z
dc.date.issued 2020-10-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13201
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterbacaan wacana yang terdapat pada buku siswa bahasa Indonesia kelas X Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 dan wacana yang sesuai untuk siswa kelas X. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan dua metode yaitu metode kualitatif untuk analasis pengakajian dan metode kuantitatif untuk pengkajian grafik Fry. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumen wacana di dalam Buku Siswa Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan formula grafik Fry. Teks wacana yang menjadi pokok pembahasan dalam penelitian ini ialah sebanyak 15 wacana. Terdapat dua hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini. Pertama, hasil tingkat keterbacaan menunjukkan terdapat 6 wacana yang sesuai keterbacaannya untuk kelas X dan 9 wacana lainnya tidak sesuai. Kedua,dilihat dari hasil penelitian tersebut dapat dikatakan bahwa Buku Siswa Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 memiliki keterbacaan tidak sesuai dengan tingkatan kelas X, karena wacana yang sesuai untuk kelas X terhitung lebih sedikit dibandingkan dengan wacana yang tidak sesuai. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Keterbacaan en_US
dc.subject Buku Siswa en_US
dc.subject Wacana en_US
dc.subject Grafik Fry en_US
dc.title Analisis Keterbacaan Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Kurikulum 2013 Revisi 2017 dengan Menggunakan Formula Grafik Fry. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account