Abstract:
Latar belakang masalah penelitian ini adalah kreativitas beberapa anak belum
berkembang secara optimal, anak masih belum percaya diri untuk menciptakan
karya yang baru, anak masih tergantung pada contoh yang diberikan guru, anak
kurang bervariasi dalam mengapresiasi hasil karyanya.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas
peneliti yaitu kelompok B di Ra As-Sa’adah Kecamatan Medan Area dengan
jumlah anak sebanyak 17 anak dengan 9 anak laki-laki dan 8 anak Perempuan.
Teknik analisis data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan
dokumentasi. Penelitian dilakukan melalui 3 siklus dengan empat tahapan yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi
Hasil penelitian menunjukkan bahwa prasiklus: kreativitas anak melalui kegiatan
membuat prakarya masih rendah yaitu rata-rata sebesar 27%, siklus 1: kreativitas
anak melalui kegiatan membuat prakarya mulai berkembang yaitu rata-rata
sebesar 40,25%, siklus 2: kreativitas anak melalui kegiatan membuat prakarya
berkembang sesuai harapan yaitu rata-rata sebesar 57%, siklus 3: kreativitas anak
melalui kegiatan membuat prakarya berkembang sesuai harapan yaitu rata-rata
sebesar 89,5%.