Research Repository

Upaya Meningkatkan Kemampuan Konsep Bilangan Anak Melalui Model Pembelajaran Guided Discovery Di RA Al-Hafizh Kecamatan Padang Sidimpuan Utara Kota Padang Sidimpuan

Show simple item record

dc.contributor.author Masdelina
dc.date.accessioned 2020-11-18T04:45:18Z
dc.date.available 2020-11-18T04:45:18Z
dc.date.issued 2017-11-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13175
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan konsep bilangan anak melalui model pembelajaran Guided Discovery di RA Al-Hafiz Kecamatan Padang Sidimpuan Utara Kota Padang Sidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan konsep bilangan anak melalui model pembelajaran Guided Discovery Di RA Al-Hafizh Kecamatan Padang Sidimpuan Utara Kota Padang Sidimpuan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam tiga siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di RA Al-Hafizh dengan obyek anak-anak RA yang berjumlah 20 orang anak yang terdiri dari anak laki-laki berjumlah 8 orang dan anak perempuan 12 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi yang dilakukan oleh peneliti dengan berkolaborasi bersama guru kelas. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan kemampuan konsep bilangan anak. Peningkatan kemampuan konsep bilangan anak, meningkat secara bertahap pada kondisi awal sebelum pemberian tindakan hasil rata-rata yang diperoleh pada pra siklus yaitu 20%, sedangkan pada siklus 1 diperoleh hasil rata-rata kemampuan konsep bilangan anak sebesar 45 % dan pada siklus 2 diperoleh hasil rata-rata 73,3 %. Pada siklus 3 diperoleh hasil rata-rata kemampuan konsep bilangan anak sebesar 87,5 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Guided Discovery dapat meningkatkan kemampuan konsep bilangan anak RA Al-Hafizh Kecamatan Padang Sidimpuan Utara Kota Padang Sidimpuan en_US
dc.subject Model Pembelajaran Guided Discovery en_US
dc.subject Konsep Bilangan en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Kemampuan Konsep Bilangan Anak Melalui Model Pembelajaran Guided Discovery Di RA Al-Hafizh Kecamatan Padang Sidimpuan Utara Kota Padang Sidimpuan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account