Abstract:
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Latar belakang penelitian
ini berdasarkan pengalaman peneliti sebagai guru di RA Yusriyah Medan Helvetia
bahwa kemampuan kognitif anak dalam mengenal panca indera dan fungsinya masih
sangat rendah. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah “Apakah melalui media
bergambar dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal panca indera
dan fungsinya di RA Yusriyah Kecamatan Medan Helvetia. Tujuan penelitian ini adalah
untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal panca indera dan
fungsinya melalui media bergambar di RA Yusriyah Medan Helvetia. Berdasarkan hasil
penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa upaya meningkatkan kemampuan kognitif
anak dalam mengenal panca indera dan fungsinya melalui media bergambar di RA
Yusriyah Medan Helvetia berhasil dilakukan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari
adanya peningkatan rata-rata dalam bentuk persen dari tahap pra siklus dan setelah
dilakukan tindakan kelas. Berdasarkan ketentuan keberhasilan minimal anak adalah
BSH maka dapat dirata-ratakan peningkatan keberhasilan pada anak yaitu pada pra
siklus 21,9%, selanjutnya siklus pertama rata-ratanya adalah 42,2%, pada siklus kedua
terjadi peningkkatan dengan rata-rata, 57,81%, selanjutnya pada siklus tiga rata-rata
yang diperoleh anak adalah 85,9%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat
dinyatakan bahwa penelitian yang telah dilakukan untuk meningkatkan kemampuan
kognitif anak dalam mengenal panca indera dan fungsinya melalui media bergambar di
RA Yusriyah Medan Helvetia dapat dilakukan pula pada anak usia dini lainnya.