Research Repository

Pemanfaatan Rumah Baca Dalam Meningkatkan Komunikasi Verbal Pada Anak (Studi Kualitatif Pada Rumah Baca “Pondok Belajar Arnila”)

Show simple item record

dc.contributor.author Perkasa, Aidil Fachri
dc.date.accessioned 2020-11-18T04:19:56Z
dc.date.available 2020-11-18T04:19:56Z
dc.date.issued 2017-04
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13134
dc.description.abstract Latar belakang penelitian ini adalah apakah dengan adanya Rumah Baca Pondok Belajar Arnila di kampung nelayan belawan ini penulis ingin melihat seberapa besar perubahan kemampuan belajar seperti kemampuan membaca, menulis, mengitung dan khususnya kemampuan anak dalam berkomunikasi secara verbal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan rumah baca dalam meningkatkan komunikasi verbal pada anak di rumah baca Pondok Belajar Arnila. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi, komunikasi verbal, rumah baca, dan manfaat rumah baca. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif, dimana data diperoleh dengan metode wawancara dan observasi. Adapun yang menjadi narasumber dalam penelitian ini adalah guru sekaligus pendiri pondok belajar arnila sebanyak dua orang, anak-anak murid yang belajar dipondok belajar arnila dan aktif minimal delapan bulan sebanyak sembilan orang, oranga tua murid yang aktif belajar sebanyak sembian orang. Teknik pengumpulan data pada penelian ini menggunakan teknik pengumpulan data primer atau wawancara mendalam, observasi partisipasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan mengenai Pemanfaatan rumah baca dalam meningkatkan komunikasi verbal pada anak di rumah baca Pondok Belajar Arnila, jika anak telah mampu menjadi pendengar yang baik, menyukai banyak cerita, berani berbicara, dan bahkan mulai berani berkomunikasi dengan orang lain menggunakan media dari buku cerita, maka telah berhasil mengajarkan anak untuk dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasinya. Seperti yang diharapkan peneliti mengenai pemanfaatan rumah baca dalam meningkatkan komunikasi verbal pada anak terbukti memiliki dampak yang baik dan itulah yang terjadi pada anak-anak yang belajar di rumah baca pondok belajar arnila. Kemampuan komunikasi verbal mereka memiliki perubahan yang semakin baik. en_US
dc.subject Pemanfaatan en_US
dc.subject Rumah Baca en_US
dc.subject Komunikasi Verbal en_US
dc.title Pemanfaatan Rumah Baca Dalam Meningkatkan Komunikasi Verbal Pada Anak (Studi Kualitatif Pada Rumah Baca “Pondok Belajar Arnila”) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account