Research Repository

Peranan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas Vii Smp Pab 2 Helvetia Medan Tahun Ajaran 2018/2019

Show simple item record

dc.contributor.author Sirait, Putri Astuti
dc.date.accessioned 2020-03-01T10:17:04Z
dc.date.available 2020-03-01T10:17:04Z
dc.date.issued 2019-09-09
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1312
dc.description.abstract Kemandirian belajar siswa saat ini tergolong rendah, karena siswa terlihat lebih terbiasa melakukan sesuatu baik dalam pembelajaran atau diluar dari pembelajaran sudah terbiasa dibantu oleh orang lain. Sebagai upaya dalam meningkatkan kemandirian belajar tersebut, dalam penelitian kali ini akan digunakan salah satu layanan dalam bimbingan dan konseling yaitu layanan bimbingan kelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas/ Penelitian Tindakan Bimbingan Dan Konseling (PTBK). Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti yang bekerja sama dengan guru BK disekolah, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah 9 orang siswa pada kelas VII 1 SMP PAB 2 Helvetia Medan. Pengumpulan data pada penelitian ini ialah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai pendukung dalam memperkuat data. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemandirian belajar siswa kelas VII 1 dari siklus I ke siklus ke II. en_US
dc.subject Kemandirian Belajar en_US
dc.subject Layanan Bimbingan Kelompok en_US
dc.title Peranan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas Vii Smp Pab 2 Helvetia Medan Tahun Ajaran 2018/2019 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account