Abstract:
Latar belakang masalah penelitian ini adalah kemampuan pendidikan agama
Islam anak belum sesuai dengan apa yang diharapkan, anak masih kurang
mendapatkan pendidikan agama Islam, penerapan metode bercerita dalam
mengagumi ciptaan Allah belum maksimal.
Teknik analisis data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan
dokumentasi. Penelitian dilakukan melalui 3 siklus dengan empat tahapan yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas peneliti
yaitu RA Al Iman Kecamatan Batang Kuis dengan jumlah anak sebanyak 15 anak
dengan 6 anak laki-laki dan 9 anak Perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Agama Islam dengan mengagumi
ciptaan Allah dapat ditingkatkan melalui metode bercerita di RA Al Iman Kecamatan
Batang Kuis yaitu penelitian prasiklus yaitu dengan rata-rata 4,33%, pada siklus I
sebesar 42,67% pada siklus II sebesar 53,67 dan pada siklus III sebesar 82,33%.
Simpulan dalam penelitian ini metode bercerita dapat meningkatkan Pendidikan
Agama Islam dengan mengagumi ciptaan Allah di RA Al Iman Kecamatan Batang
Kuis.