dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku konsumen
terhadap permintaan susu kuda dilihat dari umur, pekerjaan, jenis kelamin,
kebersihan dan kandungan gizi, kemudian untuk mengetahui pengaruh harga,
jumlah tanggungan, tingkat pendidikan dan pendapatan terhadap permintaan susu
kuda. Metode penentuan daerah penelitian dilakukan secara Purposive (sengaja).
Metode penarikan sampel ditentukan dengan Sampling Insidental.
Perilaku konsumen dilihat dari umurnya didapatkan hasil bahwa
responden membeli susu kuda paling banyak untuk dikonsumsi oleh orang
dewasa. Perilaku konsumen dilihat dari pekerjaannya dapat diketahui bahwa
responden membeli susu kuda tidak dipengaruhi oleh pekerjaannya, responden
membeli susu kuda hanya untuk menyembuhkan penyakit. Perilaku konsumen
dilihat dari jenis kelamin didapatkan hasil bahwa konsumen paling banyak
membeli susu kuda untuk dikonsumsi oleh laki-laki dan dari hasil tersebut juga
dapat diketahui pembelian susu kuda untuk perempuan juga cukup banyak.
Perilaku konsumen dilihat dari kebersihan susu kuda didapatkan hasil bahwa
kebersihan tidak mempengaruhi kesegaran, ketahanan penyimpanan dan
kandungan nutrisi susu kuda. Perilaku konsumen dilihat dari kandungan gizinya
didapatkan hasil bahwa konsumen membeli susu kuda karena mengetahui manfaat
dan sudah merasakan manfaatnya bagi kesehatan, semua responden mengetahui
manfaat susu kuda dari saudara atau temannya dan tidak ada satupun responden
yang mengetahui kandungan nutrisi susu kuda.
Berdasarkan hasl penelitian dapat disimulkan bahwa secara simultan
(serempak) jumlah permintaan susu kuda dipengaruhi oleh harga, jumlah
tanggungan, tingkat pendidikan dan pendapatan sebesar 82,0 % selebihnya
dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini sebesar 18,0%.
Hasil pengujian secara statistik diperoleh nilai Multiple R sebesar 0,905 yang
mengartikan bahwa secara menyeluruh ada hubungan yang erat antara harga,
jumlah tanggungan, tingkat pendidikan dan pendapatan terhadap permintaan susu
kuda sebesar 90,5%. Hal ini didukung oleh nilai F-hitung 28,383 > F-tabel 2,759
pada taraf kepercayaan 95% (α 0,05), dengan demikian H1 diterima dan H0
ditolak. Secara parsial, variabel pendapatan dan tingkat pendidikan berpengaruh
nyata dengan tingkat kepercayaan 95%, sedangkan variabel harga dan jumlah
tanggungan tidak berpengaruh nyata dengan tingkat kepercayaan 95%. |
en_US |