Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Problem Based Learning
terhadap kemampuan menyunting teks laporan hasil observasi oleh Siswa Kelas X
Madrasah Aliyah Negeri 1 Tanjung Pura Kabupaten Langkat Tahun Pembelajaran
2016-2017.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Madrasah Aliyah
Negeri 1 Tanjung Pura Kabupaten Langkat Tahun Pembelajaran 2016-2017, yang
berjumlah 279 orang yang terdiri dari dua kelas. Kemudian kelas X-3 sebagai kelas
eksperimen dan kelas X-6 sebagai kelas kontrol.Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode eksperimen, yaitu metode penelitian yang dilakukan
dengan mengadakan pengamatan secara teliti terhadap objek penelitian. Dalam
penelitian ini penulis menggunakan alat pengumpulan data berupa tes, yaitu essai yang
digunakan dalam bentuk teks laporan hasil observasi.Hasil uji penelitian ini adalah
kemampuan menyunting teks laporan hasil observasi memperoleh nilai rata-rata 76,12
termasuk dalam kategori baik, kemampuan menyunting teks laporan hasil observasi
dengan menggunakan metode ceramah memperoleh nilai rata-rata 55,92 termasuk
dalam kategori cukup. Oleh karena itu, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan
model problem based learning terhadap kemampuan menyunting teks laporan hasil
observasi oleh siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Tanjung Pura Kabupaten
Langkat Tahun Pembelajaran 2016-2017. Berdasarkan p-erhitungan yang dilakukan
dengan uji t yaitu diperoleh thitung > ttabel 7,76 > 1,66 hal ini membuktikan ada pengaruh
model problem based learning terhadap kemampuan menyunting teks laporan hasil
observasi oleh siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Tanjung Pura Kabupaten
Langkat Tahun Pembelajaran 2016-2017.