Research Repository

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Surat AlFatihah Menggunakan Metode Demonstrasi Di Kelas IV SD Negeri 054902 Stungkit Kab. Langkat

Show simple item record

dc.contributor.author Rusmaini
dc.date.accessioned 2020-11-18T04:06:38Z
dc.date.available 2020-11-18T04:06:38Z
dc.date.issued 2017-01-29
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13109
dc.description.abstract Dalam pendidikan agama islam, surah Al-Fatihah merupakan surah yang paling sering di baca oleh siswa. Selain surah sebagai surah dalam sholat. Surah Al-Fatihah juga merupakan surah yang cukup pendek dan mudah diingat oleh siswa. Namun, keadaan siswa kelas IV SD Negeri 054902 Setungkit Kab. Langkat. Masih ada siswa yang belum mampu membaca surah Al- Fatihah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar membaca surat Al-Fatihah, yaitu makhrijal huruf, melalui metode demonstrasi di Kelas IV SD Negeri 054902 Stungkit Kab. Langkat. Macam-macam metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar membaca surat Al-Fatihah antara lain yaitu: Metode demonstrasi, pemberian tugas, latihan langsung dan lain-lain. Metode demonstrasi merupakan metode yang tepat untuk meningkatkan kemampuan siswa yang dapat dipraktekkan, khususnya hasil belajar membaca surat Al-Fatihah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 054902 Setungkit Kab. Langkat Tahun Pelajaran 2016-2017. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru dan kepala sekolah. Prosedur penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk mendapatkan data dan analisis melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dilakukan melalui tiga siklus yang dirancang secara sistematis dengan berapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa; Adanya peningkatan hasil belajar membaca surat Al-Fatihah siswa menggunakan metode demonstrasi yaitu pada pra siklus hasil belajar membaca surat Al-Fatihah adalah 24.24%. Pada siklus 1 hasil belajar membaca surat Al-Fatihah meningkat menjadi 51.52%. Pada siklus 2 hasil belajar membaca surat Al-Fatihah meningkat sampai angka 84.85%. Dari hasil observasi siklus 1 sampai siklus 2 maka metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar membaca surat Al-Fatihah siswa. en_US
dc.subject Membaca Surat Al-Fatihah en_US
dc.subject Metode Demonstrasi en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Surat AlFatihah Menggunakan Metode Demonstrasi Di Kelas IV SD Negeri 054902 Stungkit Kab. Langkat en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account