Abstract:
Dalam pendidikan agama islam, surah Al-Fatihah merupakan surah yang
paling sering di baca oleh siswa. Selain surah sebagai surah dalam sholat. Surah
Al-Fatihah juga merupakan surah yang cukup pendek dan mudah diingat oleh
siswa. Namun, keadaan siswa kelas IV SD Negeri 054902 Setungkit Kab.
Langkat. Masih ada siswa yang belum mampu membaca surah Al- Fatihah.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar membaca
surat Al-Fatihah, yaitu makhrijal huruf, melalui metode demonstrasi di Kelas IV
SD Negeri 054902 Stungkit Kab. Langkat. Macam-macam metode yang dapat
digunakan untuk meningkatkan hasil belajar membaca surat Al-Fatihah antara lain
yaitu: Metode demonstrasi, pemberian tugas, latihan langsung dan lain-lain.
Metode demonstrasi merupakan metode yang tepat untuk meningkatkan
kemampuan siswa yang dapat dipraktekkan, khususnya hasil belajar membaca
surat Al-Fatihah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 054902
Setungkit Kab. Langkat Tahun Pelajaran 2016-2017. Penelitian ini bersifat
kolaboratif antara peneliti, guru dan kepala sekolah. Prosedur penelitian dilakukan
dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk mendapatkan
data dan analisis melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Pelaksanaan
penelitian dilakukan melalui tiga siklus yang dirancang secara sistematis dengan
berapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa; Adanya peningkatan hasil belajar
membaca surat Al-Fatihah siswa menggunakan metode demonstrasi yaitu pada
pra siklus hasil belajar membaca surat Al-Fatihah adalah 24.24%. Pada siklus
1 hasil belajar membaca surat Al-Fatihah meningkat menjadi 51.52%. Pada
siklus 2 hasil belajar membaca surat Al-Fatihah meningkat sampai angka
84.85%.
Dari hasil observasi siklus 1 sampai siklus 2 maka metode demonstrasi
dapat meningkatkan hasil belajar membaca surat Al-Fatihah siswa.