Abstract:
Kemampuan kemampuan anak dalam belajarhafalan do’a harian di RA Darul Ihsan sangat
rendah, oleh sebab itu peneliti mengambil tindakan perbaikan dengan melakukan perbaikan
pembelajaran melalui kegiatan belajar model kelompok.Rumusan masalah dalam penelitian ini
“Bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar hafalan do’a harian melalui model kelompok di RA.
Darul Ihsan Tanjung Hataran Simalungun”.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan
anak dalam belajar hafalan do’a harian dengan model kelompok. Subjek pada penelitian ini adalah
anak kelompok B yang berjumlah 20 anak di RA Darul Ihsan Tanjung Hataran TA. 2016-2017. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui observasi, unjuk kerja, dan dokumentasi, yaitu hasil penilaian
minat belajar anak melalui metode kelompok. Hasil analisis pada pra siklus minat anak dalam belajar
do’a harianmelalui kegiatankelompok di kelompok B RA Darul Ihsan Tanjung Hataran sebesar 35%,
pada siklus I kemampuan anak meningkat menjadi 55%, pada siklus II meningkat menjadi 80%, dan
pada siklus III meningkat menjadi 96.25%. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah Upaya
meningkatnyaminat anak belajar do’a harian model kelompok di RA Darul Ihsan Tanjung Hataran TA
2016/2017.