Abstract:
Skripsi Program Guru Raudhatul Athfal di Universitas Muhammadiyah
Sumatera Utara. Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan
dalam tiga siklus, dimana masing-masing siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi, dan refleksi. Refleksi dilakukan untuk mengkaji kelebihan dan
kekurangan serta menentukan ada tidaknya siklus selanjutnya.
Meningkatkan kemandirian anak kelompok B menjadi kendala bagi guru di RA
Ichwanul Ridho. Hal ini dikarenakan sebagian anak-anak kurang percaya diri, belum
mampu mengerjakan tugas sendiri dan kurang antusias dalam kegiatan belajar. Penelitian
ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian anak usia dini menggunakan model
Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelompok B RA Ichwanul Ridho Medan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Contextual Teaching and Learning
(CTL) yang dilaksanakan dapat meningkatkan kemandirian anak. Model Contextual
Teaching and Learning (CTL) yang digunakan dalam pembelajaran merupakan
pembelajaran yang menyenangkan, anak melihat langsung apa yang dipelajarinya. Hal ini
terlihat dari meningkatnya kemandirian anak berdasarkan nilai dari data prasiklus
19,99%, siklus I meningkat menjadi 31,66%, siklus II meningkat menjadi 61,66% dan
siklus III meningkat menjadi 86,66%. Berdasarkan data tersebut maka peningkatan
kemandirian anak melalui model Contextual Teaching and Learning (CTL) dikatakan
efektif.