Abstract:
Latar belakang masalah penelitian ini adalah anak belum mampu mengkordinasikan
tangan dan mata, metode yang digunakan guru masih monoton, media yang digunakan
belum tepat.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas peneliti yaitu
anak RA Raudhatul Mahabbah Dolok Masihul dengan jumlah anak sebanyak 15 anak
dengan 11 anak laki-laki dan 4 anak Perempuan.
Teknik analisis data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi.
Penelitian dilakukan melalui 3 siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian pada prasiklus kemampuan motorik
halus anak melalui kegiatan bermain konstruktif dengan media kertas sampul masih
rendah yaitu rata-rata sebesar 51,25%, penelitian pada siklus 1 mulai berkembang yaitu
rata-rata sebesar 58%, penelitian pada siklus 2 berkembang sesuai harapan yaitu ratarata sebesar 68%, penelitian pada siklus 3 berkembang sesuai sangat baik yaitu rata-rata
sebesar 81,5%.