Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media karikatur
terhadap Pembelajaran Kemampuan Menulis Teks Persuasif oleh Siswa kelas VIII
SMP Muhammadiyah 47 Sunggal Tahun Pembelajaran 2019-2020. Populasi
adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 47 Sunggal yang berjumlah
150 siswa. Dalam penentuan sampel, peneliti menggunakan teknik random kelas
dan terpilih kelas VIII-2 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan
kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Instrumen
penelitian yang digunakan peneliti berupa tes esai yaitu menulis teks persuasif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kemampuan menulis teks
persuasif dengan menggunakan media karikatur memperoleh rata-rata 75,2
termasuk dalam kategori baik sekali, sementara kelompok siswa yang tidak
menggunakan media karikatur memperoleh nilai rata-rata 32,5 termasuk dalam
kategori cukup. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hipotesis terbukti,
melalui uji hipotesis uji-t diterima bahwa thitung > ttabel yaitu 28,61 > 1,67. Hal ini
berarti terdapat pengaruh yang signitifikan penggunaan media karikatur terhadap
kemampuan menulis Teks Persuasif oleh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah
47 Sunggal Tahun Pembelajaran 2019-2020.