Abstract:
Penelitian ini membahas tentang koefisien gesek pada paduan kuningan dengan
kecepatan putaran bervariasi di mulai dari 600 rpm, 750 rpm, 900 rpm, 1050 rpm,
1200 rpm, 1300 rpm. Kuningan digunakan pada bushing rumah kopling vixion
yang bergesekan dengan gear primer, busing rumah kopling vixion bersifat licin
dan mempunyai koefisien gesek yang lebih kecil dibandingkan baja hal ini untuk
mnghindari kerusakan yang lebih parah ketika bushing dengan gear primer
bergesekan, kuningan dengan prsentase kadar tembaga 60-90% lebih kuat dan
lebih keras dari pada tembaga , tetapi tidak sekeras seperti baja, namun kuningan
lebih tahan terhadap korosif dibanding baja. Tribology pin-on-disc menjadi
metode untuk mendapatkan nilai koefisien gesek pada suatu material. Spesimen
yang digunakan dalam pengujian ini menggunakan paduan kuningan, hasil
penelitian menujukan semakin tinggi putaran pada motor maka semakin besar
koefisien gesek yang terjadi pada spesimen saat pengujian.