Abstract:
Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model
pembelajaran kelompok dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak di RA
Al-Farabi Tanjung Selamat?. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan
sosial emosional anak dengan pengggunaan model pembelajaran kelompok di RA AlFarabi Tanjung Selamat. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang
terdiri dari 4 tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Subjek penelitianya adalah 15 anak yang terdiri dari 9 orang anak laki-laki dan 6 orang
perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan Tanya
jawab. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah kualitatif interpretatif. Simpulan
dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan model pembelajaran kelompok dapat
meningkatkan kemampuan sosial emosional anak yang terlihat dari hasil kegiatan pada
penelitian prasiklus sangat rendah yaitu 12%, pada siklus 1 hasil persentase rata-rata
sebesar 28%, pada siklus 2 hasil persentase rata-rata sebesar 57% dan pada siklus 3
rata-rata sebesar 82%.